Sambutan Pengasuh

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام علي اشرف الانبياء والمر سلين وعلي اله وصحبه اجمعين . اما بعد

 

          Anak merupakan amanat Allah SWT yang dititipkan kepada orang tuanya. Kalbu yang sangat bersih merupakan permata yang sangat berharga. Jika ia dibiasakan untuk melakukan kebaikan, niscaya dia akan tumbuh menjadi baik dan menjadi orang yang bahagia dunia akirat. Demikian pula sebaliknya, jika ia dibiasakan melakukan keburukan serta di lestarikan maka niscaya ia akan menjadi orang yang celaka dunia akhirat. Lanjutkan membaca...

Kontak Info

Email:
ppatqrf@gmail.com
Telp:
085225836996

Donasi

Bank:
BRI Unit Gembong
No. Rekening:
5936-01-005247-53-0
A/N:
Pondok Anak Tahfidzul Qur’an

yayasan-raudlatul-falah-bermi

KARANTINA KHOTIMIN-KHOTIMAT

Mohon Doa Restu….

Mulai Hari Ini Calon Khotimin-Khotimat 2020/2021 Mengikuti Karantina Semoga Diberi Kemudahan, Kelancaran dalam Menghadapi Simaan Khotimin-Khotimat Sabtu Mendatang.

Pembukaan dan Pembekalan di pimpin dan di sampaikan langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Ust. Noor Shokhib, AH, M.Pd.I

Dikutip dari Mukaddimah Majmu’ Syarh Muhadzzab, Imam al-Khatib al-Baghdadi merekomendasikan beberapa waktu yang baik untuk menghafal.

Pertama yaitu waktu sahur. Sekitar sepertiga malam. Waktu ini sangat berharga dan memiliki banyak faedah.

Kedua, pertengahan siang hari. Selain dimanfaatkan untuk mencari penghidupan bagi kalangan pekerja, waktu ini dapat digunakan untuk menghafal pula.

Ketiga, pagi hari. Tidak diragukan lagi mengapa para guru menganjurkan belajar dan hafalan di waktu ini, karena umumnya, kondisi pikiran manusia di pagi hari sangat plong dan belum banyak digunakan untuk memikirkan sesuatu yang berat. Maka bagi para penghafal, jika tidak ada kesibukan yang begitu mendesak, waktu ini sangatlah recommended bagi yang ingin cepat hafal.

Keempat, waktu malam. Tak usah tanya lagi mengapa waktu ini begitu penting. Ada pepatah yang sangat terkenl di telinga kita, yaitu

من طلب العلا سهر الليالي

Siapa yang ingin mendapatkan kemuliaan, maka bekerjalah sampai jauh malam.

Dari sana kita dapat menyimpulkan bahwa meraih kesuksesan, perlu perjuangan di malam hari, yaitu menghidupkannya dengan menghafal dan belajar.

Kelima, ketika dalam keadaan lapar. Menghafal dalam keadaan lapar lebih utama dibandingkan dalam keadaan kenyang. Ketika perut kita kenyang, rasa malas dan kantuk pun diam-diam menyergap.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ                  اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه                      من سلك طريقا إلى العلم سلك الله به طريقا إلى الجنة                  ومن تعلم بابا من العلم ليعلم الناس أعطي له ثواب سبعين نبيا
Arsip
Yayasan Raudlatul Falah
yayasan-raudlatul-falah-bermi
Komentar Terbaru