IKHTIBAR AKHIR 2021

Semoga Bisa Istiqomah Berkhidmah Pada Al-Qur’an,

Menjadi seorang penghafal Al Quran adalah sebuah kemuliaan yang tiada tara. Bagaimana tidak? Allah Ta’ala jadikan Ahlul Qur’an sebagai bagian dari keluarga-Nya. Allah Ta’ala juga berikan kesempatan khusus bagi Sahibul Qur’an di hari kiamat untuk membaca ayat-ayat yang pernah dihafalkannya semasa di dunia sembari menaiki derajat surga di setiap ayat yang dibacanya lalu ia akan bertempat pada derajat surga sesuai ayat terakhir yang ia baca, sebagaimana pada sebuah hadis :

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ : اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ ، كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِي الدُّنْيَا ، فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا.

Namun, bagi sebagian kita, menghafalkan Al Quran adalah hal yang sulit. Padahal, Allah telah menjanjikan kemudahan kepada kita dalam mempelajari dan menghafalkan Al Quran. Allah berfirman :

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا القُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar ayat 16)

Lantas mengapa kita masih kesulitan? Jawabnya sudah pasti ada pada diri kita sendiri, serius tidakkah kita bersahabat dengan Al-Qur’an? Sudah luruskah niat kita?

Andai kita menjumpai kesulitan dalam menghafalkan Al Quran, justru di mungkinkan akan ada banyak kebaikan yang selama ini tidak kita sadari. Allah telah menyiapkan kemudahan dibalik kesulitan yang kita hadapi. Allah juga ingin agar kita terus membaca kalam-Nya. Maka sungguh rugi apabila kita berhenti hanya karena satu kesulitan yang kita hadapi.

Menghafal Al Quran bukan soal sudah hafal sekian juz lalu selesai. Justru menghafal Al Quran adalah bagaimana kita bisa istiqamah menghafal dan menjaga hafalan Al Quran.

Mohon Doa Restu agar pelaksanaan Ikhtibar Akhir santri Pondok Pesantren Anak-Anak Tahfidzul Qur’an Raudlatul falah diberi kemudahan dan keberkahan.