JADWAL PEKAN MASA TA’ARUF SANTRI BARU MADRASAH & JEDA SEMESTER

Rangkaian kegiatan pagi hari ini hingga seminggu ke depan adalah masa adaptasi santri mengawali berkegiatan di lingkungan madrasah dan pondok khususnya santri baru.

Dengan rangkaian kegiatan tersebut diharapkan santri lebih siap untuk tinggal di pesantren, guna menghafalkan Al-Qur’an dan mendalami pengetahuan Agama Islam

Matsama & Jeda Semester Hari Pertama

Pada Matsama di hari pertama dengan kegiatan terjadwal :

  1. Pembacaan do’a dan asmaul husna bersama-sama
  2. Motifasi belajar oleh wakil madrasah dan pengasuh, di antaranya tersampaikan;
  3. Pentingnya menata niat yang benar dalam mondok dan tahfidzul Qur’an

Dengan niat yang benar, akan menjadi dorongan energi positif santri dalam mengenyam pendidikan di pondok pesantren. Dan niat benar di awal sangat penting untuk menentukan keberhasilan di masa depan.

  1. Kesungguhan dalam menghafal dan belajar tak putus asa, tak banyak mengeluh, tak berhenti di tengah jalan. Sabar dan terus berusaha

Selagi terus berusaha dengan sungguh-sungguh pasti keberhasilan kan didapat.

  1. Pentingnya menaruh rasa saling menghormati

Hormat, taat dan patuh kepada guru serta peraturan adalah kunci sukses keberhasilan santri di pesantren. Hilang nilai hormat kepada guru bisa mengakibatkan santri terhalang dalam meraih ilmu pengetahuan.

Hormat dan saling menghormati antar sesama santri akan menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan santri, sehingga membuat santri semakin nyaman dan betah tinggal di lingkungan pesantren.

Santri yang sudah lama, harus berjiwa sebagai kakak yang baik dan memiliki kasih sayang bagi adik kelasnya.

Sedangkan santri baru, harus berjiwa sebagai adik yang baik dan menghormati kakak kelasnya.

  1. Taat dan patuh pada peraturan pondok. Dengan patuh maka akan banyak harapan santri terfutuh hatinya hingga memudahkan dalam menggapai citanya selama bertholabah dan menghafal
  2. Juga mengenalkan per individu guru/ustd ustdah dan lingkungan pondok beserta batas-batasnya.
  3. Kegiatan matsama di hari pertama ditutup dengan kegiatan kelas dipandu guru kelas masing-masing dilanjutkan sholat dhuha bersama.