SAKIT ITU PILIHAN

Ada yang berpendapat sakit itu pilihan, kenapa?

Sebagian orang ada yang di beri oleh Allah sehat tapi malah di buang percuma, karena saat sehat cuma beraktifitas yang membuang energi dan waktu yang hasilnya sia-sia, bahkan ada yang cenderung kerjaannya mengarah pada kebathilan dan menyakiti orang lain.

Orang yang sibuk kadang di beri sakit agar bisa istirahat, orang yang makannya tidak teratur di beri sakit agar bisa evaluasi dan mengontrol kebiasaan makan yang di luar wajar, orang yang tak mau menjaga kebersihan diri dan lingkungan kadang di beri sakit agar bisa berubah dengan gaya baru yaitu membiasakan hidup bersih, begitu juga dengan masa saat ini, saat pandemi covid-19 yang lagi mewabah, kita di himbau untuk mengikuti kebiasaan baru ( new normal) agar terhindar dari virus itu, dan masih banyak lainnya yang harus kita evaluasi yang merupakan hikmah dari peristiwa yang menimpa kita.

Tak terhindar dari itu, lembaga pendidikan semisal pesantren juga tidak akan membiarkan santrinya mengalami sakit apalagi kena virus macem-macem, itu kenapa banyak upaya diantaranya di masa pandemi ini terus menghimbau pada santri dan pengelola agar waspada.

Toh pada suatu kata mutiara di katakan :

العَقْلُ السَّلِيْمُ فيِ الجِسْم السَّلِيْمِ

Artinya : Akal yang sehat itu terletak pada badan yang sehat

Dari situ bisa kita ambil hikmah. Bahwasanya sehat itu penting, karena dengan sehat bisa bekerja, belajar, berkreasi dan mengoptimalkan setiap waktu..

Semoga kita tetap sehat.