MOTIVASI LEWAT KISAH ORANG SHOLEH ITU PENTING

Sebelum mereka menyandang “ALUMNI” memang sangat penting untuk diberi bekal berupa motifasi penyemangat, terlebih motifasi yang mengena bagi mereka. Seumuran mereka dalam memberi motifasi berbentuk hikayat memang lebih bisa mereka terima dan mudah masuk dalam alam fikir mereka, maka sebagai pilihan mereka diwajibkan ikut pengajian kitab “al-Mawaidh al-Ushfuriyyah” .

Sebagaimana diterangkan Syekh Abu Bakar di bagian mukadimah, bahwa kitab ‘Ushfuriyyah memuat 40 hadis yang sanadnya sampai kepada Rasulullah Saw, yang ia peroleh dari para guru pilihan. Mereka pun memperoleh hadis tersebut dengan sanad dari sebagian sahabat Nabi. Selanjutnya, Syekh Abu Bakar menambahkan berbagai nasihat dan hikayat yang ia dengar dari para guru.

Memang dalam kitab tersebut terdapat banyak hikayat atau kisah yang unik. Hampir setiap hadis dilengkapi satu atau dua kisah. Penamaan kitab ini dengan nama ‘Usfuriyyah (burung pipit), nampaknya juga tak terlepas dari kisah yang tampil melengkapi hadis pertama yang menerangkan tentang kasih sayang terhadap semua makhluk.

Harapan semoga mereka menjadi alumni yang berkarakter, minimal satu diantara 40 hadist dan hikayat bisa mereka cerna dan terapkan dalam kehidupannya kelak.